Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila 2019

Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila 2019 | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila 2019, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Artikel, Buku, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila 2019

Buku merupakan sumber Ilmu yang tak terbatas maka dari itu senantiasanya kita memilikinya. Dan pada kesempatan artikel ini membantu Bapak dan Ibu dalam memiliki Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila dari pusat kurikulum dan pembelajaran badan penelitian dan pengembangan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Pendidikan nilai moral Pancasila mengalami pasang surut dalam pengimplementasiannya. Apabila ditelusuri secara historis, upaya pembudayaan atau pewarisan nilai dan moral Pancasila tersebut telah secara konsisten dilakukan sejak awal kemerdekaan sampai dengan sekarang. Namun, bentuk dan intensitasnya berbeda dari zaman ke zaman. Mengacu pada kondisi saat ini, pengamalan nilai-nilai
Pancasila mengalami penyurutan yang sangat tajam. Banyaknya peristiwa tawuran pelajar bahkan tawuran antarwarga di masyarakat menunjukkan bahwa nilai toleransi dan persatuan dalam Pancasila mengalami degradasi makna. Banyak perilaku dan sikap beberapa pejabat dan elit publik yang seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat, pada kenyataannya banyak yang mempertontonkan hal-hal yang jauh dari nilai-nilai moral Pancasila. Munculnya berbagai paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila akhir-akhir ini, merupakan hal yang perlu menjadi perhatian serius. Paham tersebut yang mengatasnamakan agama adalah tidak sesuai dengan nilai-nilai dan moral Pancasila seperti nilai toleransi, kemanusiaan, keberagaman, kesatuan, tanggung jawab, dan keadilan. Hal ini
menimbulkan keprihatinan yang mendalam karena Pancasila merupakan pandangan hidup Bangsa Indonesia, yang seharusnya menjadi acuan setiap warga negara dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Download buku pdf Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila 2019
Bersikap dan berperilaku sesuai nilai moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari tidak sekadar tulisan dan perkataan. Menanamkan nilai moral Pancasila sejak dini di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dengan fondasi ajaran agama. Pendidikan nilai moral Pancasila merupakan tanggung jawab negara, masyarakat, sekolah, dan keluarga.
Muatan nilai dan moral Pancasila akan diinternalisasikan melalui berbagai aktivitas pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Proses internalisasi tersebut dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Naskah ini berisikan antara lain arah, tujuan, prosedur, dan indikator keberhasilan penguatan pembelajaran nilai dan moral Pancasila. Kami berharap naskah ini dapat menjadi rujukan bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam rangka menghasilkan manusia Indonesia yang berkarakter Pancasila.

Pembelajaran nilai moral Pancasila pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan dasar dan menengah ( SD MI SMP MTs SMA MA SMK MAK ), serta Pendidikan Luar Biasa (PLB) dilaksanakan melalui pembelajaran secara langsung (direct) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan secara tidak langsung (indirect) melalui integrasi ke dalam mata pelajaran lain. Tanpa mengurangi arti dari pembelajaran yang saat ini berlangsung pada satuan pendidikan, munculnya kejadian dan gejala degradasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, memerlukan suatu sikap dan kebijakan untuk melakukan penguatan nilai moral Pancasila.

Penguatan nilai moral Pancasila diperlukan sebagai salah satu wahana sosiopedagogis pembentukan identitas, kepribadian, dan moralitas generasi muda Indonesia menyiapkan diri untuk keberlanjutan kepemimpinan bangsa. Internalisasi nilai moral Pancasila merupakan awal untuk melakukan penguatan nilai moral Pancasila. Untuk itu diperlukan pemahaman dari seluruh unsur pemangku kepentingan pendidikan, khususnya kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Penguatan nilai moral Pancasila dikembangkan secara sinergis dan interaktif melalui beragam kegiatan, seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya satuan pendidikan serta dalam kegiatan pembelajaran yang bermakna. Penguatan nilai moral Pancasila dikembangkan melalui aktualisasi nilai moral Pancasila yang berwujud program terstruktur, pembiasaan, keteladanan, dan pengkondisian ekosistem sekolah dengan dukungan kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan. Penguatan nilai moral Pancasila perlu didukung dengan penciptaan kenyamanan dan keramahan lingkungan yang mengundang (inviting) sehingga sekolah dirasakan sebagai rumah kedua (second home). Dengan demikian keterlibatan proaktif Komite Sekolah/Madrasah sangat dibutuhkan.

Berikut Daftar Isi Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila

KATA PENGANTAR ................................................................................................................................. iv
DAFTAR ISI............................................................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................................................. 1
A. LATAR BELAKANG.................................................................................................................... 1
B. DASAR HUKUM ....................................................................................................................... 3
C. TUJUAN................................................................................................................................... 4
D. RUANG LINGKUP..................................................................................................................... 5
BAB II MUATAN NILAI MORAL PANCASILA ............................................................................................ 6
A. MUATAN NILAI MORAL PANCASILA........................................................................................ 6
B. PENGUATAN MELALUI KEGIATAN INTRAKURIKULER ...........................................................13
C. PENGUATAN MELALUI KEGIATAN KOKURIKULER.................................................................21
D. PENGUATAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER .........................................................21
E. PENGUATAN MELALUI BUDAYA LINGKUNGAN SEKOLAH ....................................................22
F. PENGUATAN MELALUI PEMBERDAYAAN KELUARGA DAN MASYARAKAT ...........................26
BAB III INDIKATOR PENCAPAIAN PENGUATAN NILAI DAN MORAL PANCASILA ..................................27
A. INDIKATOR PENGUATAN DI LINGKUNGAN KELUARGA.........................................................27
B. INDIKATOR PENGUATAN DI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ...............................................28
C. INDIKATOR PENGUATAN NILAI MORAL PANCASILA DI MASYARAKAT .................................29
BAB IV PEMANGKU KEPENTINGAN PENGUATAN NILAI MORAL PANCASILA .......................................31
A. PEMERINTAH DAN PEMERINTAH DAERAH...........................................................................31
1. Kementerian/Lembaga Pemerintah .................................................................................31
2. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ...............................................................................31
3. Pemerintah Daerah...........................................................................................................32
B. SATUAN PENDIDIKAN............................................................................................................33
C. KELUARGA DAN MASYARAKAT .............................................................................................34
1. Keluarga ............................................................................................................................34
2. Masyarakat .......................................................................................................................34
BAB V PENUTUP....................................................................................................................................35
A. PENTINGNYA PENGUATAN NILAI DAN MORAL PANCASILA .................................................35
B. LAYANAN INFORMASI ...........................................................................................................35
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................................................................36

Itulah sekilas informasi yang dapat Admin sampaikan isi dari buku tersebut, lebih lengkap dan jelas mengenai buku tersebut dalam file Pdf dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini :

Demikian yang dapat Admin bagikan, semoga buku tersebut memberikan manfaat dan membantu bapak dan ibu yang pada kesempatan artikel ini sedang mencari dan membutuhkannya.

Bagian akhir mengenai Buku Penguatan Pembelajaran Nilai dan Moral Pancasila 2019 dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.