Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019

Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019 | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Artikel, JUKNIS/JUKLAK/PEDOMAN, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019

Secara lengkap pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan informasi mengenai Pedoman kegiatan Festival Literasi Sekolah Tahun 2019 yang berumber dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pedoman ini menggambarkan keseluruhan informasi mengenai FLS untuk digunakan sebagai referensi bagi para calon peserta FLS tingkat SMA dan pihak-pihak lain yang ingin memahami lebih dalam mengenai penyelenggaraan Program FLS tingkat SMA. Selengkapnya mengenai isi dari Juknis tersebut dapat Bapak dan Ibu simak dan download pada link dibawah ini dalam bentuk Pdf.

Literasi tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Pendidikan literasi sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman, terutama tantangan abad 21, tempat para generasi milenial dan post milenial tumbuh dan berkembang.
Download Juknis atau Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019
Petunjuk Teknis atau Juknis - Festival Literasi Sekolah (FLS) diarahkan sebagai salah satu proses pembentukan karakter. FLS tidak hanya mengarahkan peserta didik untuk mahir berkesenian, tetapi dilatih pula untuk memiliki kepekaan afektif, estetis, guna memperkuat rasa percaya diri melalui kesenian sebagai media ekspresi. Media literasi merupakan wahana bagi anak muda untuk mencurahkan intuisi dan estetika, serta gagasan dan imajinasi estetis yang tetap menjunjung tinggi budi pekerti dan etika.
Seiring dengan hal tersebut, FLS akan mengembangkan kreativitas remaja. Siswa-siswa Sekolah Menengah Atas yang kreatif akan mampu melahirkan ide-ide cemerlang, mampu mencari solusi atas berbagai persoalan, dan pada akhirnya mampu mandiri. Sesuatu yang diungkapkan remaja melalui kreativitas seni tentunya akan dilihat teman sebaya dan orang dewasa dengan demikian terciptalah komunikasi melalui media kreasi seni literasi.

Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi
memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memberikan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan harmonis dalam kepribadian remaja.

Berikut daftar isi dari Buku Pedoman Festival Literasi Sekolah Tahun 2019 tersebut :
KATA PENGANTAR........................................ i
DAFTAR ISI................................................iii
BAB I PENDAHULUAN..................................... 1
A.Latar Belakang......................................................1
B.Dasar Hukum ........................................................3
C.Tujuan ...............................................................3
D.Hasil yang Diharapkan .............................................4
BAB II MEKANISME PENYELENGGARAAN FESTIVAL
LITERASI SEKOLAH/ AKADEMI REMAJA KREATIF
INDONESIA ................................................. 6
A.Sasaran...............................................................7
B.Persyaratan/Kriteria Peserta .....................................7
C.Kriteria Juri .........................................................8
D.Tema .................................................................8
E.Kategori Lomba ....................................................9
F.Kriteria Naskah Tahap Seleksi................................... 12
G.Kriteria Karya Tahap Final ...................................... 17
H.Mekanisme Pelaksanaan Final Lomba ........................ 20
I.Mekanisme Pendaftaran...........................................22
BAB III PENILAIAN ...................................... 23
A.Kriteria Penilaian................................................. 24
B.Komposisi Nilai Akhir............................................. 28
C.Lain-lain ........................................................... 28
D.Jadwal Kegiatan...................................................28
BAB IV PENUTUP ..... ...................................29
DAFTAR PUSTAKA........................................31

Selengkapnya mengenai file petunjuk teknis atau juknis tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini .
Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019 DOWNLOAD

Bagian akhir mengenai Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019 dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.