RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2

RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2 | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Artikel, RPP, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2

RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ampu dalam hal ini Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) , agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Membantu Bapak dan Ibu yang mengampu pada mapel tersebut dijenjang SD MI, Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file RPP untuk Kelas 6 . RPP yang dibagikan merupakan file Kurikulum 2013 yang Admin siapkan untuk tahun ajaran baru 2018-2019. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang tersaji dibuat tentunya berdasarkan ketentuan Permendikbud. RPP revisi 2018 ini diharapkan dapat membantu Anda dalam pembelajaran K13.

Selengkapnya mengenai RPP tersebut lengkap dengan format dan filenya dapat Anda download pada link dibawah ini untuk Kelas VI  :

Format RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran versi 2017, 2018 Pendidikan Agama Islam (Permendikbud No.22/2016)

Komponen nya terdiri atas:
  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Prinsip Penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : ................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran :   1
Tema :   Indahnya Saling Menghormati
Subtema :   Membaca Surah Q.S. al-Kāfrūn
Kelas/Semester : VI/1
AlokasiWaktu :    4 x 35 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1  Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tart³l. 
1.5  Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.  al-Mā’idah/5:2.
4.1  Membaca Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2 dengan jelas dan benar.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Siswa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2. Siswa mampu mengimplementasikan pemahaman isi kandungan  Q.S. al-Kāfirūn  dan  al-Mā’idah/5:2.
3. Siswa mampu membaca Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2.


D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
Dapat membaca Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2 dengan jelas dan benar.
Dapat menulis Q.S. al-Kāfirūn dan al-Mā’idah/5:2 dengan benar.

E. Materi Pembelajaran
Bacaan dan  lafal Q.S. al-Kāfirūn  

Selengkapnya mengenai RPP PAI dan Budi Pekerti tersebut pada link dibawah ini.
LINK DOWNLOAD :
RPP Tematik PAI dan BP Kelas 6 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 1 Membaca Q.S Al Kafirun.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 2 Makna Hari Kiamat.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 3 Nama-Nama Allah.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 4 Zakat.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 5 Kejujuran.doc, Unduh

RPP Tematik PAI dan BP Kelas 6 SD/MI Semester 2 K13 Revisi 2018
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 6 Indahnya Saling Membantu.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 7 Memahami Qoda Dan Qodar.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 8 Senangnya Berakhlak Terpuji.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 9 Ayo Berinfaq.doc, Unduh
RPP Kelas 6 Revisi 2018 Tema 10 Kisah Teladan Para Nabi.doc, Unduh
Demikian yang dapat Admin bagikan, semoga RPP pada jenjang SD MI ini dapat memberikan manfaat dalam pembelajaran Kurikulum 2013 yang Bapak dan Ibu laksanakan.

Bagian akhir mengenai RPP PAI Kelas 6 K13 revisi 2018 Semester 1 dan 2 dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.