Buku Bahasa dan Sastra Sunda Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs

Buku Bahasa dan Sastra Sunda Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Buku Bahasa dan Sastra Sunda Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Artikel, Buku Guru dan Siswa, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Buku Bahasa dan Sastra Sunda Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs

Buku Bahasa dan Sastra Sunda K13 kelas VII, VIII, IX
File yang Admin bagikan ini di tujukan untuk kegiatan pembelajaran pada jenjang SMP/MTs untuk Kelas 7, 8, 9 yang merupakan Buku K13 Revisi terbaru tahun 2017. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah dalah hal ini Sunda di sekolah-sekolah yang awalnya menggunakan Kurikulum 2006 atau yang lebih dikenal dengan Kurikulum KTSP, mulai menggunakan Kurikulum Mulok yang baru, terutama di sekolah-sekolah yang menjadi percontohan. Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah yang mengacu pada Kurikulum 2013 ini tersiri dari Struktur Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) serta Silabusnya. Sebagai penunjang pembelajaran, BPBKD juga mengupayakan penyusunan buku ajar sesuai rambu-rambu yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Seperti diketahui, implementasi Kurikulum ini pun sangat dinamis. Berbagai revisi terutama menyangkut berbagai perangkat implementasinya di lapangan. Tahun 2016, revisi bahkan menyangkut struktur inti tataran KIKD dan landasan konseptualnya. Sedikitnya ada empat Peraturan Mentri (Permen) Pendidikan dan Kebudayaan dike berkaitan dengan revisi Kurikulum. Antara lain Permendikbud No. 20 tahun 2016 Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan menengah, Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Dasar dan Menengah, dan Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian. Melihat dinamika yang terjadi pada Kurikulum 2013 tersebut, sudah seharusnya pula Kurikulum Mulok Bahasa dan Sastra Daerah menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di atas.

Di samping itu, implementasi Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah sendiri menemui beberapa masalah, antara lain ditemukan pada struktur isi kurikulum yang masih dianggap kompleks dan sulit untuk dipahami oleh siswa. Kurikulum Bahasa dan Sastra Daera jelas di setiap jenjang pendidikan. Tid dicapai dari pengajaran bahasa Sunda di ditemukan materi-materi pelajaran yang bertumpuk dan berulang-ulang.

Kendala lain yang juga sering disuarakan oleh masyarakat dan para guru adalah tidak meratanya kurikulum diberla berbagai hal, kendati Kurikulum Muatan Daerah telah ditetapkan penggunaannya melalui Pergub. Kritik jugs muncul dari masyarakat berkaitan dengan kekeliruan bahan ajar dan karakter Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah yang cenderung terlalu meniru struktur kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia.

Berkaitan dengan masalah-masalah tersebut di atas, perlu adanya upaya untuk merevisi dan mengembangkan kembali Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Daerah untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Buku Bahasa dan Sastra Sunda Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017

Buku Bahasa dan Sastra Sunda ini merupakan dokumen kurikulum yaitu Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 yang telah direvisi. Dokumen kurikulum diharapkan dapat dijadikan pedoman pembelajaran muatan lokal bahasa dan sastra Sunda pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Jawa Barat, terhitung mulai tahun pelajaran 2017/2018. Selengkapnya mengenai Buku tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini:

Bagian akhir mengenai Buku Bahasa dan Sastra Sunda Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.