Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya
Admin
2019,
Artikel,
Kelas 11|XI,
KTSP,
Kurikulum 2013,
Pembahasannya,
Peminatan IPA,
SMA,
SOAL,
Trigonometri,
Ulangan Harian,
x View
Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori 2019, Artikel, Kelas 11|XI, KTSP, Kurikulum 2013, Pembahasannya, Peminatan IPA, SMA, SOAL, Trigonometri, Ulangan Harian, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori 2019, Artikel, Kelas 11|XI, KTSP, Kurikulum 2013, Pembahasannya, Peminatan IPA, SMA, SOAL, Trigonometri, Ulangan Harian, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.
Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya
Author Picks
Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya. Kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi adalah komponen urgen dalam program pembelajaran disamping komponen-komponen yang lain. Komponen itu saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Proses pembelajaran adalahupaya untuk menjangkau Kompetensi Dasar yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, pekerjaan penilaian dilaksanakan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian Kompetensi Dasar. Penilaian juga dipakai untuk memahami kekuatan dan kekurangan dalam proses pembelajaran, sampai-sampai dapat dijadikan dasar untuk pemungutan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Oleh sebab tersebut kurikulum yang baik dan proses pembelajaran yang benar butuh di dukung oleh sistem evaluasi yang baik, terencana dan berkesinambungan. Pedoman Penilaian ini dibentuk dengan tujuan supaya para pendidik dapat mengemban penilaian yang mencakup perencanaan, penyiapan bahan, penyelenggaraan, pengecekan hasil penilaian, pengolahan, analisis, dan pemanfaatan hasil evaluasi serta penyusunan laporan pembelajaran yang cocok dengan prinsip dan teknik evaluasi dan tuntutan standar isi serta standar kompetensi lulusan. Pedoman Penilaian ini dapat bermanfaat sebagai acuan pendidik dalam mengemban penilaian pencapaian kompetensi peserta didik, laporan peradaban hasil belajar, dan perbaikan proses pembelajaran.
Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya ini merupakan contoh soal terbaru yang akan Blog KelasNesia bagikan bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata pelajaran Matematika Kelas XI SMA/MA. Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan), cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau segitiga siku-siku.
Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya ini merupakan contoh soal terbaru yang akan Blog KelasNesia bagikan bagi Bapak/Ibu yang mengampu mata pelajaran Matematika Kelas XI SMA/MA. Trigonometri terdiri dari sinus (sin), cosinus (cos), tangens ( tan), cotangens (cot), secan (sec) dan cosecan (cosec). Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau segitiga siku-siku.
Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 11 Trigonometri Sesi 1
Pada segitiga ABC diketahui panjang sisi AB = 2 cm, AC = 3 cm dan BC = 2 cm. Nilai Sin A = ...
A. 1/3 √3B. 1/3 √5
C. 1/4 √7
D. 1/3 √11
E. 1/4 √15
Pembahasan
AB = c = 2 dan AC = b = 3 serta BC = a = 2, maka dengan menggunakan aturan cosinus:
a2 = b2 + c2 – 2 . b . c Cos A
22 = 32 + 22 – 2 . 3 . 2 Cos A
4 = 9 + 4 - 12 Cos A12 Cos A = 9
Cos A = 9 / 12 = 3 / 4
Sehingga sin A = (√(42 - 32) / 4 = √7/4
Jawaban: C
Soal Nomor 2
Himpunan penyelesaian dari persamaan cos 2x + 3 sin x + 1 = 0, untuk 0 < x < 2Ï€ adalah...
A. (8/6 π , 10/12 π)
B. (7/6 π , 11/12 π)
C. (5/6 π , 11/12 π)
D. (2/6 π , 4/6 π)
E. (1/6 π , 5/6 π)
Pembahasan
cos 2x + 3 sin x + 1 = 0
(1 - 2 sin x2) + 3 sin x + 1 = 0
- 2 sin x2 + 3 sin x +2 = 0
2 sin x2 - 3 sin x - 2 = 0
(2 sin x + 1) (sin x - 2) = 0
Maka:
2 sin x + 1 = 0 maka sin x = - 1/2
Diperoleh x = 7/6 π dan x = 11/12 π
Dan
sin x - 2 = 0 maka sin x = 2 (tidak mungkin dicari x)
HP = (7/6 π , 11/12 π)
Jawaban: B
Soal Nomor 3
Diketahui segitiga ABC dengan sudut A sebesar 30o , panjang AB 2 cm dan panjang AC 6 cm. Luas segitiga ABC adalah...
A. 6 cm2
B. 12 cm2
C. 3 cm2
D. 3√3 cm2
E. 6√3 cm2
Pembahasan
Luas segitiga ABC = 1/2 (AB) (BC) sin A
Luas segitiga ABC = 1/2 (2) (6) (1/2) = 3 cm2
Jawaban: CDapatkan Soal lebih lengkapnya dengan mendownloadnya melaluil link yang sudah saya sediakan dibawah ini.
Demikianlah Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, Semoga bermanfaatUntuk soal lainnya anda juga bisa baca :
Bagian akhir mengenai Latihan Soal Matematika Trigonometri Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih
Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.