Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori 2019, Artikel, Kelas 11|XI, Kurikulum 2013, MA, Matematika, Pembahasannya, Peminatan IPA, Program Linear, SMA, SOAL, Ulangan Harian, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Soal Program Linear Matematika SMA ini merupakan misal soal teranyar yang bakal Blog KelasNesia bagikan untuk Bapak/Ibu yang mengampu mata latihan Matematika Kelas 11 SMA/MA yang telah merealisasikan Kurikulum 2013 guna semester 1. Program Linear ialah suatu program untuk menuntaskan permasalahn yang batas-batasannya berbentuk pertidaksamaan linear. 

http://kelasnesia.blogspot.com - Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Secara umum program linear terdiri dari dua bagian, yakni : faedah kendala dan faedah objektif. Fungsi kendala ialah batasan – batasan yang dipenuhi, sedangkan faedah objektif ialah fungsi yang nilainya bakal dioptimumkan (dimaksimumkan adan diminimumkan). Dalam program linear ini, batasan – batasan (kendala–kendala ) yang ada didalam masalah program linear diterjemahkan terlebih dahulu kedalam format perumusan matematika, yang dinamakan model matematika. Model matematika ialah suatu format interpretasi insan dalam menerjemahkan atau merumuskan permasalahan persoalan yang terdapat ke format matematika sampai-sampai persoalan tersebut dapat ditamatkan secara matematis.

Untuk pembahasan matematika lainnya bisa anda telusuri:
materi program linear
pengertian program linear
program linear pdf
program linear matematika sma
pemrograman linear
rumus program linear
program linear kelas 11 kurikulum 2013
makalah program linear
pengertian model matematika
contoh soal sistem pertidaksamaan linear
cara contoh soal metode grafik

Program Linear Matematika SMA

Contoh Soal 1
Seorang pelamar disebuah perusahaan dinyatakan diterima bekerja di perusahaan jika memenuhi syarat syarat jumlah hasil tes akademik dan tes psikologi tidak boleh kurang dari 14 dan nilai masing masing hasil tes tersebut tidak boleh kurang dari 6. Buatlah model matematika untuk permasalahan tersebut.

Pembahasan :

Misalnya nilai tes akademik = x dan nilai tes psikologi = y. dari syarat pertama diperoleh hubungan x + y ≥ 14 dan dari syarat kedua diperoleh hubungan x ≥ 6 dan y ≥ 6. Jadi model matematika untuk menentukan seorang pelamar dinyatakan diterima bekerja di perusahaan tersebut adalah :
x + y ≥ 14
x ≥ 6
y ≥ 6 dengan x, y ϵ C.

Contoh Soal 2
Andi membeli 3 baju dan 5 celana dengan harga total Rp 350.000,-
Sedangkan Budi yang hanya membeli 1 baju dan 1 celana harus membayar Rp 90.000,-
Jika harga masing-masing sebuah baju dan sebuah celana adalah x dan y, buatlah model matematika untuk persoalan tersebut!

Pembahasan :
Berdasarkan jumlah uang yang dibayarkan Andi diperoleh hubungan:
3x + 5y = 350.000
Berdasarkan jumlah uang yang dibayarkan Budi diperoleh hubungan:
x + y = 90.000
Karena harga baju maupun celana tidak mungkin negatif ataupun gratis, maka x > 0 dan y > 0
Jadi, model matematikanya adalah:
x > 0 , y > 0 , 3x + 5y = 350.000 dan x + y = 90.000

Dapatkan Soal lebih lengkapnya dengan mendownloadnya melaluil link yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Demikianlah Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, Semoga bermanfaat.

Untuk soal lainnya anda juga bisa baca :

Bagian akhir mengenai Soal Program Linear Matematika SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.