Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019

Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019 | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Artikel, Garis Singgung, Kelas 11, Kurikulum 2013, Lingkaran, MA, Matematika, Pembahasannya, Persamaan, SMA, SOAL, Soal Matematika, Ulangan Harian, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019

Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019 - ini merupakan misal soal ulangan harian/ Penilaian Harian (PH) teranyar yang bakal Blog KelasNesia bagikan pada jumpa kali ini. Persamaan garis singgung lingkaran ialah suatu garis yang menyebut suatu lingkaran. Dalam artikel ini berisi pelajaran soal tentang teknik menilai persamaan garis singgung lingkaran.

http://kelasnesia.blogspot.com - Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019 - ini merupakan misal soal ulangan harian/ Penilaian Harian (PH) teranyar yang bakal Blog KelasNesia bagikan pada jumpa kali ini. Persamaan garis singgung lingkaran ialah suatu garis yang menyebut suatu lingkaran. Dalam artikel ini berisi pelajaran soal tentang teknik menilai persamaan garis singgung lingkaran.

Fungsi Matematika Sekolah

Fungsi matematika ialah sebagai media atau sarana murid dalam menjangkau kompetensi. Dengan mempelajari pelajaran matematika diinginkan siswa bakal dapat menguasai seperangkat kompetensi yang sudah ditetapkan. Oleh sebab itu, penguasaan pelajaran matematika bukanlah destinasi akhir dari pembelajaran matematika, akan namun penguasaan pelajaran matematika hanyalah jalan menjangkau penguasaan kompetensi. Fungsi beda mata latihan matematika sebagai: alat, pola pikir, dan ilmu atau pengetahuan. Ketiga faedah matematika itu hendaknya dijadikan acuan dalam pembelajaran matematika sekolah.

Dengan memahami fungsi-fungsi matematika tersebut diinginkan kita sebagai guru atau pengelola edukasi matematika dapat mengetahui adanya hubungan antara matematika dengan sekian banyak  ilmu beda atau kehidupan. Sebagai tindaklanjutnya paling diharapkan supaya para siswa diserahkan penjelasan guna melihat sekian banyak  contoh pemakaian matematika sebagai alat guna memecahkan masalah dalam mata latihan lain, dalam kehidupan kerja atau dalam kehidupan sehari-hari. Namun tentunya mesti dicocokkan dengan tingkat pertumbuhan siswa, sehingga diinginkan dapat menolong proses pembelajaran matematika di sekolah.

Siswa diberi pengalaman memakai matematika sebagai perangkat untuk mengetahui atau mengucapkan suatu informasi misalnya melewati persamaan-persamaan, atau tabel-tabel dalam model-model matematika yang adalahpenyederhanaan dari soal-soal kisah atau soal-soal uraian matematika lainnya. Bila seorang murid dapat mengerjakan perhitungan, namun tidak tahu alasannya, maka pastinya ada yang salah dalam pembelajarannya atau terdapat sesuatu yang belum dipahami. Belajar matematika pun adalahpembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu definisi maupun dalam penalaran sebuah hubungan salah satu pengertian-pengertian itu.

Dalam pembelajaran matematika, semua siswa dilazimi untuk mendapat  pemahaman melewati pengalaman mengenai sifat-sifat yang dipunyai dan yang tidak dipunyai dari sekumpulan objek (abstraksi). Dengan pemantauan terhadap contoh-contoh diinginkan siswa dapat menangkap definisi suatu konsep. Selanjutnya dengan abstraksi ini, siswa diajar untuk menciptakan perkiraan, terkaan, atau kecenderungan menurut untuk pengalaman atau pengetahuan yang dikembangkan melewati contoh-contoh eksklusif (generalisasi). Di dalam proses penalarannya dikembangkan pola pikir induktif maupun deduktif. Namun pasti kesemuanya tersebut harus dicocokkan dengan perkembangan keterampilan siswa, sampai-sampai pada akhirnya bakal sangat menolong kelancaran proses pembelajaran matematika di sekolah.

Fungsi matematika yang ketiga ialah sebagai ilmu pengetahuan, oleh sebab itu, pembelajaran matematika di sekolah mesti diwarnai oleh faedah yang ketiga ini. Sebagai guru mesti dapat menunjukkan bahwa matematika selalu menggali kebenaran, dan mau meralat kebenaran yang sudah diterima, bila ditemukan peluang untuk mengupayakan mengembangkan penemuan-penemuan sepanjang mengekor pola pikir yang sah.

Dalam kitab standar kompetensi matematika Depdiknas, secara khusus dilafalkan bahwa faedah matematika ialah mengembangkan keterampilan berhitung, mengukur, menurunkan formula dan memakai rumus matematika yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari melewati pengukuran dan geometri, aljabar, kesempatan dan statistika, kalkulus dan trigonometri. Metamatika juga bermanfaat mengembangkan keterampilan mengkomunikasikan usulan melalui model matematika, diagram, grafik, atau tabel.

Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 11 Persamaan Garis Singgung Lingkaran



Soal No. 1
Diberikan persamaan lingkaran:
L ≡ x2 + y2 = 25.
Tentukan persamaan garis singgung lingkaran yang memiliki titik singgung di (−4, 3).

Pembahasan
Menentukan garis singgung pada suatu lingkaran yang pusatnya di (0, 0) dan diketahui titik singgungnya.
Lingkaran L ≡ x2 + y2 = r2
Titik singgung (x1, y1)
Persamaan garis singgungnya adalah:
Dengan x1 = − 4 dan y1 = 3, persamaan garisnya:
−4x + 3y = 25
3y −4x − 25 = 0

Soal No. 2
Salah satu persamaan garis singgung lingkaran x2 + y2 = 25 yang tegak lurus garis 2y − x + 3 = 0 adalah....

Pembahasan
Garis 2y − x + 3 = 0 memiliki gradien sebesar 1/2. Garis lain yang tegak lurus dengan garis ini harus memiliki gradien − 2. Ingat pelajaran SMP 8, jika dua garis saling tegak lurus maka berlaku
m1 ⋅ m2 = − 1
Sehingga persamaan garis singgung di lingkaran x2 + y2 = 25 yang memiliki gradien −2 adalah:
Jadi persamaan garis singgungnya bisa y = −2x + 5√5 bisa juga y = −2x − 5√5, pilih yang ada.

Soal No. 3
Diberikan persamaan lingkaran:
L ≡ (x − 2)2 + (y + 3)2 = 25
Tentukan persamaan garis singgung lingkaran dengan titik singgung pada (5, 1).

Pembahasan
Persamaan garis singgung pada lingkaran:

L ≡ (x − a)2 + (y − b)2 = r2

pada titik singgung (x1, y1
dengan a = 2 dan b = −3 dan r2 = 25 
maka persamaan garisnya 



Demikianlah Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019, Semoga bermanfaat

Untuk soal lainnya anda juga bisa baca :

Bagian akhir mengenai Soal Matematika Persamaan Garis Singgung Lingkaran Kelas 11 Beserta Pembahasannya 2019 dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.