Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) SMK/MAK Otomotif
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) SMK/MAK Otomotif | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) SMK/MAK Otomotif, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori KI & KD, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori KI & KD, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) SMK/MAK Otomotif
Author Picks
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / 
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN       :   TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN  :   TEKNIK OTOMOTIF
PAKET KEAHLIAN                     :   1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
                                                       2. TEKNIK SEPEDA MOTOR 
                                                       3. TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF 
                                                       4.  TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN                   :   TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF
KLAS                                          :   X
|    No  |      Kompetensi Inti  |      Kompetensi Dasar  |  
|    1  |      Menghayati dan   mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.  |      1.1       Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai   anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan   hidupnya.  1.2       Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan   belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan   manusia  |  
|    2  |      Menghayati dan   mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,   kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan   sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam   berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam   menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.  |      2.1       Menunjukkan sikap peduli   terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan dasar   permesinan, proses pembentukan logam dan mesin konversi energy (emisi gas   buang, oli, air pendingin dan limbah padat) 2.2       Menunjukkan sikap cermat dan   teliti dalam memahami dan membaca symbol-simbol kelistrikan, hidrolik dan   pneumatik internasional 2.3       Menunjukkan sikap disiplin dan   tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar ISO 2.4       Menunjukkan sikap peduli   terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan,   perawatan dan perbaikan  bearing, seal   dan gasket 2.5       Menunjukkan sikap cermat dan   peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan yang berhubungan dengan   penggunaan jacking, blocking dan lifting 2.6       Menunjukkan sikap peduli   terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan,   perawatan dan perbaikan treaded, fasterner, sealant dan adhesive  |  
|    3  |      Memahami, menerapkan   dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan   rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan   humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban   terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk   memecahkan masalah.  |      3.1       Memahami dasar-dasar mesin 3.2       Memahami proses dasar   pembentukan logam 3.3       Menjelaskan proses mesin   konversi energi 3.4       Menjelaskan fungsi berbagai   bearing, seal dan gasket serta prosedur perawatannya 3.5       Mengidentifikasi berbagai jenis   jacking, blocking dan lifting sesuai dengan operation manual 3.6       Menjelaskan teknik pengoperasian   jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual 3.7       Menjelaskan cara penggunaan OMM   (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai   peruntukannya 3.8       Memahami fungsi treaded, fasterner, sealant   dan adhesive  |  
|    4  |      Mengolah,   menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan   pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu   melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.  |      4.1       Menerapkan   perhitungan dasar-dasar mesin 4.2       Menerapkan proses dasar pembentukan logam 4.3       Menganalisa kejadian pada mesin konversi energi 4.4       Menerapkan sistem hidrolik dan   pneumatik pada program teknik otomotif 4.5       Menerapkan pemeliharaan bearing,   seal dan gasket 4.6       Menerapkan teknik pengoperasian   jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual 4.7       Menerapkan penggunaan OMM dan   service manual 4.8       Mengaplikasikan treaded, fastener,   sealand dan adhesive  |  
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / 
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN   :   TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PAKET KEAHLIAN                 :   1.   TEKNIK KENDARAAN RINGAN 
                                                   2.   TEKNIK SEPEDA MOTOR 
                                                   3.   TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF 
                                                   4.    TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN               :  PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
KLAS                                      :  X
|    No  |      Kompetensi Inti  |      Kompetensi Dasar  |  
|    1  |      Menghayati dan   mengamalkan ajaran agama yang dianutnya  |      1.1       Lingkungan hidup dan sumber daya   alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan   kelangsungan hidupnya.  2.1       Pengembangan dan penggunaan   teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan   mencemari lingkungan, alam dan manusia  |  
|    2  |      Menghayati dan   mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,   kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan   sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam   berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam   menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.  |      2.1       Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam   mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan   workshop tools) 2.2       Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam   memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP 2.3       Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung   jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP 2.4       Menunjukkan sikap peduli terhadap   keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap dampak yang ditimbulkan   dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya kebakaran) 2.5       Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu   bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai  2.6       Menerapkan keselamatan kerja dalam   pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja)  |  
|    3  |      Memahami,   menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban   terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk   memecahkan masalah.  |      3.1. Mengidentifikasi jenis-jenis hand tools sesuai   fungsinya 3.2. Mengidentifikasi jenis   jenis power tools sesuai dengan fungsinya 3.4       Mengidentifikasi jenis-jenis special service tools   sesuai fungsinya 3.5       Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur mekanik dan   fungsinya 3.6       Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur elektrik dan   elektronik serta fungsinya. 3.7       Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur pneumatik   serta fungsinya. 3.8       Menjelaskan pemeliharaan alat ukur 3.9       Menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja sesui   dengan UU K3 3.10 Memahami kontaminasi   pada bahan bakar, oli dan bodi sesuai standar lingkungan 3.11 Memahami penggunaan   pemadam kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran  |  
|    4  |      Mengolah,   menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan   pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu   melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.  |      4.1. Menggunakan dan merawat   macam-macam hand tools dengan benar 4.2. Menggunakan dan merawat macam-macam power tools dengan benar 4.3. Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment 4.4. Menggunakan   special service   tools sesuai prosedur 4.5. Menggunakan alat-alat   ukur mekanik sesuai operation manual 4.6. Menggunakan alal-alat   ukur elektrik dan elektronik sesuai operation manual 4.7. Menggunakan alat-alat   ukur pneumatik sesuai operation manual 4.8. Merawat alat-alat ukur   sesuai SOP dan service manual 4.9. Melaksanakan K3 sesuai   undang-undang K3 4.10.    Melaksanakan prosedur pencegahan kontaminasi 4.11.    Melaksanakan prosedur pemadaman kebakaran sesuai   klasifikasi kebakaran  |  
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) / 
MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)
BIDANG STUDI KEAHLIAN   :   TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PAKET KEAHLIAN                 :   1.   TEKNIK KENDARAAN RINGAN 
                                                   2.   TEKNIK SEPEDA MOTOR 
                                                   3.   TEKNIK PERBAIKAN BODI OTOMOTIF 
                                                   4.   TEKNIK ALAT BERAT
MATA PELAJARAN               :   TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF
KLAS                                      :   X
|    No  |      Kompetensi Inti  |      Kompetensi Dasar  |  
|    1  |      Menghayati dan   mengamalkan ajaran agama yang dianutnya  |      1.1       Lingkungan hidup dan sumber daya   alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan   kelangsungan hidupnya.  1.2       Pengembangan dan penggunaan   teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan   mencemari lingkungan, alam dan manusia  |  
|    2  |      Menghayati dan   Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,   kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan   sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam   berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam   menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.  |      2.1       Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam   mengidentifikasi peralatan listrik dan elektronika 2.2       Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam   memahami dan membaca alat ukur listrik dan elektronika sesuai SOP 2.3       Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung   jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP 2.4       Menunjukkan sikap peduli terhadap   keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap dampak yang   ditimbulkan dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya kebakaran) 2.5       Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu   bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai  2.7       Menerapkan keselamatan kerja dalam   pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja)  |  
|    3  |      Memahami,   menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,   budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan   peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang   spesifik untuk memecahkan masalah.  |      3.1     Memahami dasar-dasar listrik 3.2       Menerangkan fungsi dan konstruksi baterai 3.3       Memahami dasar-dasar elektronika  |  
|    4  |      Mengolah,   menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan   pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan   tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.  |      4.1       Menerapkan dasar-dasar listrik 4.2       Menggunakan dan merawat baterai 4.3       Menerapkan dasar-dasar elektronika  |  
Bagian akhir mengenai Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) SMK/MAK Otomotif dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih
Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.