Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran

Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran , saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Soal Administrasi Perkantoran, Soal UAS Administrasi Perkantoran, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran


 Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran

A. PILIHAN GANDA

1.         Rangkaian kegiatan menghimpun, mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan berbagai keterangan diperlukan kerjasama disebut......
a.       Ketatausahaan                 d. Organisasi
b.       Tata usaha                        e. Clerical work
c.        Office work
2.         Untuk melayani pekerjaan operasional menyediakan informasi sehingga memudahkan penyelesaian pekerjaan.......
a.       Pengertian
b.       Fungsi tata usaha
c.        Peranan tata usaha
d.       Tugas tata usaha
e.        Kedudukan
3.       Meja kantor yang dipakai oleh pimpinan, berukuran......
a.       130x80 cm
b.       100x80 cm
c.        100x70 cm
d.       120x80 cm
e.        90x70 cm
4.       Yang tidak termasuk benda peralatan kantor.......
a.       papan tulis
b.       Almari
c.        Mesin ketik
d.       Meja kursi
e.        Telepon
5.       Alat komunikasi yang menghubungkan antara ruang satu dengan ruang lain pada kantor disebut.......
a.       Telepon                              d. Iphone
b.       Mobile phone                    e. fotocopy
c.        OHP                   
6.       Langkah-langkah memasang kartu SIM dan Baterai pada mesin mobile phone(ponsel) adalah kecuali......
a.       Melepas menutup (cover) belakang telepone
b.       Keluarkan baterai dengan mengangkat
c.        Angkat kartu SIM dengan hati-hati
d.       Mengisi voucher
e.        Masukan kartu SIM dan Baterai kemudian luruskan penutup belakang           
7.       Alat untuk mengirim dokumen yang sama dengan aslinya baik berupa tulisan maupun gambar dalam waktu singkat.......
a.       Risograf                              d. Iphone
b.       Faksimil                              e. Fotocopy
c.        LCD
8.       Mesin-mesin kantor dapat digunakan untuk menggandakan dokumen.......
a.       LCD proyektor                  d. Laptop
b.       Microphone                       e. risograf
c.        Mobile Phone
9.       Cara kerja mesin fotocopy melalui tahap-tahap yang berurutan, sebagai berikut......
a.       Exposure, developing, tranfer, cleaning
b.       Tranfer, charging, exposure, developing
c.        Tranfer, charging, exposure, developing
d.       Charging, exposure, developing, tranfer
e.        Cleaning, funing, exposure, charging
10.     Bagian mesin ketik dikelompokan menjadi tiga komponen, yaitu.....
a.       Gandaran, kerangka, kait
b.       Gandaran, kerangka, keyboard
c.        Kerangka, keyboard, kait
d.       Gandaran, keyboard, kerangka
e.        Kerangka, gandaran, kertas
11.    Mengetik dengan sistem 10 jari merupakan suatu teknik mengetik mengharuskan 10 jari tangan bekerja dan berfungsi secara keseluruhan, tugas jari tangan kanan telunjuk.....
a.          Berfungsi menekan huruf U,J,M,Y,H,N
b.          Berfungsi menekan huruf I,K
c.          Berfungsi menekan huruf O,L
d.          Berfungsi menekan huruf P,H
e.          Berfungsi menekan huruf Q,A,Z
12.    Unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja aman, baik materil maupun non materil pengertian dari......
a.          Keamanan kerja
b.          Keselamatan kerja
c.          Hubungan kerja
d.          Kesehatan kerja
e.          Tempat kerja
13.    Hukum yang mengatur keselamatan kerja adalah pasal.....
a.          Undang-undang no. 14 th 1969
b.          9 undang-undang no. 15 tahun 1969
c.          9 undang-undang no. 14 tahun 1969
d.          8 undang-undang no. 15 tahun 1969
e.          7 undang-undang no. 15 tahun 1969
14.    Langkah perawatan mesin ketik.......
a.          Menjaga kebersihan
b.          Pemberian minyak
c.          Mengangkat dan memindahkan mesin ketik
d.          Pemeliharaan pita
e.          Semua benar
15.    Format kartu pemeliharaan berisi hal-hal berikut kecuali.......
a.          Nama mesin
b.          Tanggal induk mesin
c.          Tanggal perbalikan
d.          Jenis kerusakan
e.          Diabaikan
16.    Komunikasi berasal dari bahas alatin yang berarti membuat sama, yaitu.....
a.       Communication
b.       Communicatere
c.        Communicatee
d.       Communee
e.        Communicare
17.      Salah satu keuntungan dari proses komunikasi satu arah, adalah....
a.       Menghemat tenaga komunikator
b.       Lebih cepat dan efisien
c.        Sebagai media hiburan dan pendidikan bagi komunikan
d.       Membangkitkan motivasi dan perhatian komunikan
e.        Memperjelas isi dan maksud informasi yang akan disampaikan
18.    Lambang komunikasi yang dapat diterima melalui indra pendengaran, seperti bunyi lonceng, bunyi ambulans dan klakson mobil disebut.....
a.       Lembaga perak
b.       Lembaga bahasa
c.        Lembaga warna
d.       Lembaga gambar
e.        Lembaga suara
19.    Respon atau tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator bersifat merugikan atau memojokan komunikator disebut.....
a.       Zero feedback
b.       Negative feedback
c.        Positive feddback
d.       Point feedback
e.        Nautral feedback
20.    Dibawah ini yang termasuk faktor penghambat keberhasilan komunikasi adalah.....
a.       Kurang cakap
b.       Tidak dapat informasi
c.        Pihak yang dirugikan
d.       Sulit berkomunikasi
e.        Kurang keyakinan
21.    Dibawah ini yang termasuk ciri-ciri informasi adalah......
a.       Informasi ilmiah
b.       Memiliki nilai (benar atau salah)
c.        Akurat
d.       Lengkap
e.        Jelas   
22.    Dibawah ini yang termasuk manfaat membaca.......
a.       Tidak bisa bicara
b.       Buta huruf
c.        Memperluas wawasan, pengetahuan, dan pengalaman
d.       Berinteraksi
e.        Sosialisasi
23.    Dibawah ini yang termasuk manfaat menulis......
a.       Artikel
b.       Menyumbang kecerdasan
c.        Faktor internal
d.       Efektif
e.        Minat
24.    Dibawah ini yang termasuk kegunaan informasi adalah......
a.       Tujuan si penerima
b.       Informasi penting
c.        Sosialisasi
d.       Interaksi
e.        Data
25.    Dibawah ini yang termasuk proses membaca....
a.       Tidak belajar
b.       Memahami topik
c.        Teknik tulisan
d.       Kurang poaham
e.        Tidak mengerti
26.    Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri komunikasi tradisional......
a.          Untuk memperjelas pesan
b.          Visual
c.          Audio
d.          Visual audio
e.          Majalah
27.    Di bawah ini yang termasuk ciri-ciri komunikasi tradisional......
a.          Berkaitan dengan seni tradisional
b.          Seni budaya
c.          Tari
d.          Unsur komunikasi
e.          Media
28.    Di bawah ini yang termasuk jenis-jenis hubungan telpon.......
a.          Tidak ada sinyal
b.          Hubungan internal komunikasi
c.          Komunikasi
d.          Komunikasi tradisional
e.          Ada sinyal
29.    Informasi merupakan data yang telah di olah menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Pendapat tersebut diuraikan oleh......
a.          Estabrook
b.Robert g.murdik
c.          Gordon b.davis
d.          George r.terry
e.          Burch dan strater
30.    Berikut ini cara untuk meningkatkan kualitas pembicara yaitu......
a.          Membangkitkan partisipasi pendengar
b.          Berusaha sewejar mungkin
c.          Tatap mata kelompok pendengar
d.          Berdirilah yang tegak tapi tidak tahu
e.   Membuat catatan yang dibicarakan
31.    Dibawah ini yang termasuk prosedur kerja adalah..................
a.       Suatu rangkaian dari tata kerja yang saling berhubungan satu dg yang lain
b.       Suatu cara dalam pelaksaan suatu tugas atau pekerjaan dengan mengingat segi-segi tujuan
c.        Rangkaian antara tata kerja dan prosedur kerja yang dapat membentuk suatu kebulatan pola tertentu
d.       Sebagai pedoman kerja bagi pelaksana semua pihak yang berepentingan
e.        Memberikan dorongan kepada pelaksana kegiatan secara efisien

32.    Dibawah ini yang bukan termasuk unsur lingkungan kerja adalah................
a.       Pekerja
b.       Pengusaha
c.        Direktur
d.       Pegawai pengawas
e.        Tata kerja

33.    Apa yang dimaksud dengan bahaya kerja...............
a.       Suatu keadaan yang dapat mengakibatkan kecelakaan/kerugian berupa cedera
b.       Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh
c.        Memakai alat pelindung kerja
d.       Pekerjaan yang terlalu berat
e.        Mencegah penyakit yang menyerang

34. Dibawah ini yang bukan merupakan prinsip tata kelola perusahaan yang baik adalah......
a.       Akutabilitas
b.       Responsibility
c.        Keterbukaan
d.       Kewajaran
e.        Kemandirian

35.Dibawah ini yang termasuk jenis administrasi yang harus dikerjakan guna memelihara kesinambungan kerja yang lancar.............
a.       Penangganan surat masuk dan surat keluar
b.       Penangganan adPenangganan surat masuk dan surat keluar
c.        Penangganan administrasi keuangan
d.       Pengelolaan arsip
e.        Penangganan administrasi pembelian

36.    Dibawah ini yang bukan merupakan faktor-faktor penyebab dermatosis adalah............
a.       Faktor fisik
b.       Bahan-bahan yang berasal dari tanaman
c.        Mahluk hidup
d.       Keracunan dari bahan organik
e.        Iritasi oleh asam-asam anorganik

37.    Di bawah ini yang bukan merupakan cara bekerja yang aman............
a.       Lingkungan kerja
b.       Mengadakan perawatan terhadap kerja
c.        Menggunakan alat pelindung
d.       Memakan makanan yang seimbang
e.        Mempunyai kecakapan dan kedisiplinan dalam bekerja
38.    Dibawah ini pekerja-pekerja yang tidak mempunyai peluang menderita penyait caisson adalah..............
a.       Penerbang
b.       Pekerja tambang
c.        Penyelam
d.       Petani
e.        Guru

39.    Alat yang digunakkan untuk mengukur intensitas suara adalah........
a.       Audiogram
b.       Anemometer
c.        Barometer
d.       Termometer
e.        Seismograf
40.    Undang-undang nomor 33 tahun 1947 berisi tentang............
a.       Jaminan sosial tenaga kerja
b.       Pelayanan kesehatan kerja
c.        Penyakit yang timbul akibat hubungan kerja
d.       Kesehatan

B. ESSAY
JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN JELAS !
1.       Sebutkan dan jelaskan 4 hal yang mempengaruhi pekerjaan kantor !
2.       Sebutkan jenis-jenis mesin kantor !
3.       Jelaskan apa yang dimaksud prosedur kerja!
4.       Sebutkan manfaat dari tata kerja dan prosedur kerja!
5.       Jelaskan  apa yang  dimaksud dengan aturan kerja!

Bagian akhir mengenai Soal UAS Produktif Kelas X Administrasi Perkantoran dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.