Soal Dan Kunci Jawaban Teknik Sepeda Motor Kelas XI
Admin
SOAL,
Soal dan Jawaban,
Soal Dan Kunci Jawaban,
Soal Otomotif,
Soal Teknik Sepeda Motor,
Soal TSM,
x View
Soal Dan Kunci Jawaban Teknik Sepeda Motor Kelas XI | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Soal Dan Kunci Jawaban Teknik Sepeda Motor Kelas XI , saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori SOAL, Soal dan Jawaban, Soal Dan Kunci Jawaban, Soal Otomotif, Soal Teknik Sepeda Motor, Soal TSM, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori SOAL, Soal dan Jawaban, Soal Dan Kunci Jawaban, Soal Otomotif, Soal Teknik Sepeda Motor, Soal TSM, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.
Soal Dan Kunci Jawaban Teknik Sepeda Motor Kelas XI
Author Picks
1. Apabila katup hisap dan katup buang tertutup, dan piston bergerak dari TMA ke TMB maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha
2. Apabila katup hisap dan katup buang tertutup, dan piston bergerak dari TMB ke TMA maka langkah ini disebut . . . .
a. Kompresi
b. Buang
c. Hisap
d. Expansion
e. Usaha
3. Dalam proses pembakaran akan terjadi bila terdapat komponen-komponen, kecuali . . . .
a. Api
b. Bensin
c. Udara
d. Bahan bakar
e. Diafragma
4. Alat yang berfungsi untuk mengontrol jumlah campuran yang masuk kedalam silinder guna
mengontrol tenaga dan kecepatan sepeda motor adalah . . . .
a. Filter udara
b. Tangki bahan bakar
c. Konduktor
d. Isolator
e. Karburator
a. Filter udara
b. Tangki bahan bakar
c. Konduktor
d. Isolator
e. Karburator
5. Agar dapat bekerja sesuai dengan kondisi kerja mesin, maka karburator dibagi menjadi
beberapa sistem, dan sistem tersebut antara lain, kecuali . . .
a. Sistem cuk
b. Sistem Pelampung
c. Sistem Kecepatan rendah
d. Sistem kecepatan tinggi
e. Sistem Pengisian
a. Sistem cuk
b. Sistem Pelampung
c. Sistem Kecepatan rendah
d. Sistem kecepatan tinggi
e. Sistem Pengisian
6. Berapakah sudut yang dibutuhkan poros engkol untuk menghasilkan satu tenaga pada motor
4 tak . . . .
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°
7. Berapakah sudut yang dibutuhkan poros engkol untuk menghasilkan satu tenaga pada motor
2 tak . . . .
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°
a. 700°
b. 540°
c. 180°
d. 360°
e. 720°
8. Dibawah ini yang bukan merupakan keuntungan motor 4 langkah adalah . . . .
a. Efisien dalam penggunaan bahan bakar
b. Konstruksi rumit
c. Motor bekerja lebih halus pada putaran rendah
d. Perolehan tenaga lebih maksimum
e. Sistem pelumasan relatif lebih sempurna
9. Mesin yang langkah toraknya sama dengan diameter silinder adalah . . . .
a. Small engine
b. Short engine
c. Long stroke engine
d. Square engine
e. Over square engine
10. Brosur motor Suzuki Smash memuat data diameter silindernya 53,5 mm dengan langkah
piston 48,8 mm, tentukan volume langkahnya . . . .
a. 109,7 cc
b. 105,5 cc
c. 85,9 cc
d. 101,7 cc
e. 100,7 cc
a. 109,7 cc
b. 105,5 cc
c. 85,9 cc
d. 101,7 cc
e. 100,7 cc
11. Dalam menentukan volume langkah dapat dihitung dengan rumus :
a. D² x L xp x ½
b. 4 x D² x L x p.
c. D² x L x p.
d. 4 x D² x N x p.
e. p/4 x D² x L x N
12. Dalam menentukan volume kompresi dapat dihitung dengan rumus :
a. Vc = π/4.D².S
b. Vc = 4.D².S
a. Vc = π/4.D².S
b. Vc = 4.D².S
c. Vc = Vs – Vl
d. Vc = Vs + Vl
e. Vc = Vs : (CR-1)
13. Dalam menentukan perbandingan kompresi dapat dihitung dengan rumus :
a. CR = (Vs + Vc) : Vc
b. CR = Vs : Vc
c. CR = (Vs + Vc) : Vs
d. CR = Vc : Vs
e. CR = Vs + Vc
14. Sebuah mesin dikatakan mesin dengan siklus 4 langkah adalah . . . .
a. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
b. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
b. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
c. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston, 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
c. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston, 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
d. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
d. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
e. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam
e. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam
1 putaran poros engkol
15. Sebuah mesin dikatakan mesin dengan siklus 2 langkah adalah . . . .
a. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
b. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
b. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 3 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
c. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
c. Satu siklus terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
d. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
d. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah. Sehingga dalam satu
siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.
e. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam 1
e. Satu siklus terdapat 2 kali langkah piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam 1
putaran poros engkol
16. Sistem yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem putaran menengah dan
tinggi adalah . . . .
a. Main Jet
b. Slow Jet
c. Piston Valve Screw
d. Pompa akselerasi
e. ACV
a. Main Jet
b. Slow Jet
c. Piston Valve Screw
d. Pompa akselerasi
e. ACV
17. Sistem yang berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar sistem putaran rendah dan
menengah adalah . . . .
a. Main Jet
b. Slow Jet
c. Piston Valve Screw
d. Pompa akselerasi
e. ACV
a. Main Jet
b. Slow Jet
c. Piston Valve Screw
d. Pompa akselerasi
e. ACV
18. Bagian karburator yang terletak pada saluran stasioner dan kecepatan lambat, berfungsi untuk mempercepat aliran bahan bakar yaitu :
a. Economicer jet
b. Dashpot
c. Barrel
d. Anti dieseling
e. Anti Knocking
19. Dalam penyetelan campuran bahan bakar pada karburator, jika pilot screw diputar ke kanan
maka . . . .
a. Campuran bahan bakar menjadi kurus
b. Jumlah campuran menjadi terlalu banyak udara
c. Jumlah campuran menjadi kaya
d. Jumlah campuran tetap saja
e. Jumlah campuran berkurang
a. Campuran bahan bakar menjadi kurus
b. Jumlah campuran menjadi terlalu banyak udara
c. Jumlah campuran menjadi kaya
d. Jumlah campuran tetap saja
e. Jumlah campuran berkurang
20. Pada saat melakukan engine Tune up, dalam melakukan penyetelan celah katup yang
diijinkan adalah pada saat mesin langkah . . . .
a. Akhir Langkah isap
b. Akhir Langkah buang
c. Akhir Langkah usaha
d. Akhir Langkah kompresi
e. Semua langkah bisa disetel
a. Akhir Langkah isap
b. Akhir Langkah buang
c. Akhir Langkah usaha
d. Akhir Langkah kompresi
e. Semua langkah bisa disetel
21. Dalam pengecekan sepeda motor, ternyata hasil jarak renggang katup masuknya adalah
tidak ada renggangnya, maka akibatnya adalah . . . .
a. Motor bisa lari kencang
b. Motor berbunyi gemeritik
c. Motor tidak ada perubahan
d. Motor akan bunyi langsung mati
e. Motor kompresinya akan hilang karena terjadi kebocoran
a. Motor bisa lari kencang
b. Motor berbunyi gemeritik
c. Motor tidak ada perubahan
d. Motor akan bunyi langsung mati
e. Motor kompresinya akan hilang karena terjadi kebocoran
22. Sepeda motor Honda Supra mempunyai diameter silinder 50 mm dan panjang langkahnya
= 49,5 mm, hitunglah volume silindernya . . . .
a. 100 cc
b. 100 cc
c. 97,1 cc
d. 98,1 cc
e. 99,5 cc
a. 100 cc
b. 100 cc
c. 97,1 cc
d. 98,1 cc
e. 99,5 cc
23. Perbandingan Kompresi Sepeda Motor Honda Supra = 8,8 : 1. Isi silinder 97,1 cc.
Isi ruang bakarnya dapat dihitung . . . .
a. 12,6 cc
b. 12,4 cc
c. 13,1 cc
d. 13,1 cc
e. 12,7 cc
a. 12,6 cc
b. 12,4 cc
c. 13,1 cc
d. 13,1 cc
e. 12,7 cc
24. Dalam kerjanya karburator harus dapat mempertahankan komposisi campuran tersebut baik
pada putaran mesin idle, menengah, tinggi dan beban maksimum.
Berapakah campuran yang ideal antara bahan bakar dan udara pada kendaraan bermotor ?
a. 1 : 5
b. 1 : 10
c. 1 : 15
d. 1 : 20
e. 1 : 25
a. 1 : 5
b. 1 : 10
c. 1 : 15
d. 1 : 20
e. 1 : 25
25. Yang berfungsi untuk menampung sementara uap bensin yang berasal dari ruang pelampung
pada karburator yaitu:
a. Tangki bahan bakar
b. Filter.
c. Charcoal canister
d. Karburator
e. Fuel Pump
26. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup.
Celah katup terlalu renggang ataupun terlalu rapat akan mengakibatkan tenaga motorpun
juga terjadi perubahan. Maka dalam melakukan perawatan sepeda motor rata-rata celah
katup yang benar untuk type cub adalah . . . .
a. 0,2 – 0,5 mm
b. 0,02 – 0,05 mm
c. 0,3 – 0,7 mm
d. 0,03 – 0,09 mm
e. 0,5 mm
a. 0,2 – 0,5 mm
b. 0,02 – 0,05 mm
c. 0,3 – 0,7 mm
d. 0,03 – 0,09 mm
e. 0,5 mm
27. Penyetelan celah katup sepeda motor perlu menepatkan posisi katup, untuk memastikan
posisi tersebut langkah anda sebagai mekanik adalah . . .
a. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda T rotor dengan tanda pada body
a. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda T rotor dengan tanda pada body
sepeda motor
b. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda F rotor dengan tanda pada body
b. Memutar rotor magnet dan menepatkan tanda F rotor dengan tanda pada body
sepeda motor
c. Memutar rotor magnet dan menepatkan piston posisi teratas.
d. Membuka tutup timing gear dan menepatkan tanda nol tepat di belakang
e. Memutar rotor magnet sambil melihat katup IN turun dan naik lagi kemudian tepatkan
c. Memutar rotor magnet dan menepatkan piston posisi teratas.
d. Membuka tutup timing gear dan menepatkan tanda nol tepat di belakang
e. Memutar rotor magnet sambil melihat katup IN turun dan naik lagi kemudian tepatkan
tanda T dan tanda pada body sepeda motor.
28. Dalam penyetelan campuran bahan bakar dan udara pada karburator, nama komponen untuk
menyetel campuran tersebut adalah . . . .
a. Pilot screw
b. Pilot air screw
c. Pilot air bleed
d. Pilot outlet
e. Main screw
a. Pilot screw
b. Pilot air screw
c. Pilot air bleed
d. Pilot outlet
e. Main screw
29. Dibawah ini yang bukan merupakan mekanisme katup adalah ....
a. SV (Single Valve)
b. OHV (Over Head Valve)
c. OHC (Over Head Camshaft)
d. BOHC (Bubble Over Head Camshaft)
e. DOHC (Double Over Head Camshaft)
30. Salah satu fungsi sistem pelumas pada mesin sepeda motor adalah, kecuali . . . .
a. Pendingin
b. Perapat
c. Peredam
d. Penggesek
e. Pembersih
31. Sistem pelumas motor 2 tak dengan cara mencampur langsung minyak pelumas/oli pada
tangki bensin pada perbandingan tertentu. Jika diketahui perbandingan antara bensin dengan
minyak pelumas/oli adalah 24 : 1, artinya bila kita mempunyai 6 liter bensin maka dicampur
dengan berapa minyak pelumas . . . .
a. 250 ml
b. 200 ml
c. 500 ml
d. 350 ml
e. 400 ml
a. 250 ml
b. 200 ml
c. 500 ml
d. 350 ml
e. 400 ml
32. Komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk mengubah sumber tegangan rendah
12 v menjadi sumber tegangan tinggi ± 10.000 V adalah . . . .
a. Alternator
b. Ignition Coil
c. Generator
d. Kapasitor
e. Kondensor
a. Alternator
b. Ignition Coil
c. Generator
d. Kapasitor
e. Kondensor
33. Komponen pada sistem pengapian yang berfungsi untuk mencegah terjadinya loncatan bunga
api pada platina seperti percikan apa pada busi adalah . . . .
a. Alternator
b. Ignition Coil
c. Generator
d. Kapasitor
e. Kondensor
a. Alternator
b. Ignition Coil
c. Generator
d. Kapasitor
e. Kondensor
34. Pada sistem pengapian Arus listrik AC (Alternating Current), dari manakah didapatkan
sumber arus listriknya . . . .
a. Alternator
b. Ignition Coil
c. Transistor
d. Kapasitor
e. Kondensor
a. Alternator
b. Ignition Coil
c. Transistor
d. Kapasitor
e. Kondensor
35. Komponen pada sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan
putaran dari poros engkol ke transmisi/persneling adalah . . . .
a. Balancer shaft
b. Crank case
c. Cam Shaft
d. Clutch
e. Connecting rod
a. Balancer shaft
b. Crank case
c. Cam Shaft
d. Clutch
e. Connecting rod
36. Menurut cara kerjanya, tipe kopling yang digunakan pada sepeda motor ada dua jenis yaitu . .
a. Kopling tunggal dan kopling ganda
b. Kopling basah dan kopling kering
c. Kopling otomatis dan kopling manual
d. Kopling manual dan kopling V belt
e. Kopling hidrolik dan kopling pneumatic
a. Kopling tunggal dan kopling ganda
b. Kopling basah dan kopling kering
c. Kopling otomatis dan kopling manual
d. Kopling manual dan kopling V belt
e. Kopling hidrolik dan kopling pneumatic
37. Kopling yang penempatannya berada di luar ruang oli dan selalu terbuka dengan udara luar
untuk menyalurkan panas yang dihasilkan saat kopling bekerja adalah . . . .
a. Kopling tunggal
b. Kopling basah
c. Kopling manual
d. Kopling kering
e. Kopling otomatis
a. Kopling tunggal
b. Kopling basah
c. Kopling manual
d. Kopling kering
e. Kopling otomatis
38. Apa akibatnya bila kita menyetel pelampung terlalu ekstrem tinggi :
a. Bensin tidak bisa masuk ke karburator
b. Bensin langsung mengalir dari nosel utama
c. Bensin tidak bisa terisap karburator
d. Bensin masuk ke dalam pelampung
e. Bensin masuk dengan ideal
39. Jumlah aliran bensin dan udara pada saat idle bisa diatur melalui…
a. Sekrup penyetel gas
b. Sekrup penyetel jet utama
c. Sekrup penyetel campuran
d. Sekrup penyetel jet udara
e. Pelampung dan Jarum Pelampung
40. Salah satu Keuntungan karburator yang mempunyai diameter venturi kecil adalah…
a. Pengabutan bensin baik saat aliran udara lambat
b. Pengabutan bensin jelek saat aliran udara lambat
c. Daya motor tinggi karena aliran gas tidak terhambat
d. Daya motor tinggi karena pengabutan baik
e. Pengabutan campuran bahan bakar dan udara ideal
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Jelaskan proses kerja motor 4 tak dan 2 tak ! (disertai dengan gambar)
2. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi mekanisme katup menurut tata letaknya !
3. Sebutkan komponen-komponen sistem pengapian, dan jelaskan fungsinya !
4. Sebuah mesin dengan D = 50 mm dan L = 45 mm, dan perbandingan kompresinya 8,8 : 1.
Hitunglah volume langkahnya dan volume kompresi !
5. Jelaskan dan gambarkan cara kerja kopling manual dan otomatis !
1. Jelaskan proses kerja motor 4 tak dan 2 tak ! (disertai dengan gambar)
2. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi mekanisme katup menurut tata letaknya !
3. Sebutkan komponen-komponen sistem pengapian, dan jelaskan fungsinya !
4. Sebuah mesin dengan D = 50 mm dan L = 45 mm, dan perbandingan kompresinya 8,8 : 1.
Hitunglah volume langkahnya dan volume kompresi !
5. Jelaskan dan gambarkan cara kerja kopling manual dan otomatis !
Demikianlah Soal UAS Teknik Sepeda Motor Kelas XI Lengkap Beserta Kunci Jawaban, semoga bermanfaat.
Bagian akhir mengenai Soal Dan Kunci Jawaban Teknik Sepeda Motor Kelas XI dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih
Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.