Soal UTS Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Soal UTS Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Soal UTS Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori Artikel, Bahasa Indonesia, Kelas 7, PTS, Soal Dan Kunci Jawaban, Soal SMP, UTS, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Soal UTS Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Soal UTS Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya. Pada kesempatan kali ini KelasNesia akan menyalurkan soal dan ulasan UTS Bahasa Indonesia khusus ruang belajar 7 guna SMP/Mts, Tentunya soal UTS ini soal pribumi dari soal UTS bekas yang UTS kemarin, meskipun soal UTS bekas namun masih dapat kalian pakai untuk pelajaran belajar sebab mungkin soal soal ini tidak akan lain jauh dengan soal UTS yang berikutnya.
Berikut sejumlah gambaran Soal dan Pembahasan UTS Bahasa indonesia ruang belajar VII SMP Semester 2 :

Pilihan Ganda

1. Pantun dua seuntai ( pantun kilat ) baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi dengan rumus rima a-a . lebih dikenal dengan sebutan ....
a. seloka
b. karmina
c. gurindam
d. syair

2. Gurindam Dua Belas merupakan gurindam karya pujangga yang sangat terkenal yaitu ....
a. Hamjah Fansuri
b. Raja Ali Haji
c. Amir Hamzah
d. Enag Ah

3. Berikut yang termasuk karya sastra dari Hamzah Fansuri ,kecuali
a. Syair Perahu
b. Syair Dagang
c. Syair Si Burung Pingai
d. Syair Hamzah Aya

4. Kalimat dibawah ini yang merupakan kalimat majemuk hubungan akibat adalah ....
a. Aku sedang sedih, sebab orang yang aku sayangi tidak menyayangi aku
b. Dengan cara menjual koran, dia mendapatkan uang untuk menghidupi keluarganya
c. Undang Faiz belajar begitu keras, sehingga dia dapat memenangi olimpiade matematika dan ilmu komputer
d. Indah diam saja, seolah-olah semuanya baik-baik saja

Pada kalimat jenis ini, konjungsi yang paling sering digunakan adalah “seolah-olah”, “seakan-akan”.

5. Suatu hari di sebuah kebun anggur tinggallah sebuah keluarga semut dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak.semut ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya.merek Sumut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang.ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan, maka parasmu itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.

Bagaimana berdasarkan struktur tersebut ,cerita di atas merupakan bagian
a. Orientasi
b. Resolusi
c. Komplikasi
d. Orokentasi

6. sang belalang yang sedang menari melihat para semut berjalan dengan membawa makanan untuk dibawa ke sarangnya.sang belalang sembah heran dengan apa yang dilakukan Semut selalu dia bertanya kepada salah satu semut tentara yang sedang berjaga di dekat para semut pekerja," Kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke sarang kalian?" sang semut menjawab "kami melakukannya agar kami tidak kelaparan saat musim dingin tiba." lalu sang belalang kaget "musim dingin?" kata sang belalang sembah dengan kagetnya, "kan masih lama, lebih baik kita bersenang senang saja dulu", kata sang belalang.semut tak nenghiraukan belalang.semut tetap tekun mengumpulkan makanan.

Watak tokoh Belalang Sembah digambarkan melalui
a. penggambaran fisik tokoh
b. komentar atau narasi penulis terhadap tokoh
c. dialog tokoh dengan tokoh lain
d. penggambaran lingkungan sekitar tokoh

Soal dan Pembahasan UTS Bahasa indonesia kelas VII SMP Semester 2 2016/2017

Uraian

7. Apa yang dimaksud dengan wawancara…

8. Desa Tremas, Pacitan, Jawa Timur. Sebuah desa yang berjarak sekitar 12 km disebelah uatara ibu kota Kabupaten Pacitan menjadi saksi bisu lahirnnya sang fajar. Dialah Sudilo Bambang Yudhoyono yang pada tanggal 9 September 1949 lahir ke duniamelengkapi sepasang suami istri Raden Sukotjo dan Siti Habibah. Jauh dari kehidupan seorang Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) sekarang, kehidupan Sukotjo waktu itu memprihatinkan. Rumahnua menjadi langganan banjir, setiap tahun ketika musim hujan tiba. Meskipun pangkatnya pembantu letnan satu, kehidupannya tidak berkecukupan. Ia ditugaskan di daerah yangterkenal gersang dan terpencil. Sejauh mata memandang hanyalah bukit batu, tanah tandus, dan ratusan gua yang tampak. Kesimpulan yang tepat dari profil tokoh diatas adalah….

9. Tono : “Dalam rangka apa lomba desa ini diadakan?” Kades : “Dalam rangka membuat piala Adipura?” Tono : “Berapa desa yang mengikuti lomba?” Kades : “Ada lima desa?” Tono : “Bagaimana criteria penilaiannyya?” Kades : “ Kriterianya meliputi kebersihan, keindahan, dan kenyamanan.” Kesimpulan isi wawancara di atas adalah….

10. Apa yang dimaksud
a. Karmina
b. Seloka
c. Syair
d. Puisi
e. Pantun
d. Gurindam

Itulah cerminan soal UTS bahasa indonesia yang bakal Blog KelasNesia bagikan kali ini , guna soal selengkapnya dapat kalian unduh pada link dibawah ini, Soal UTS ini telah saya konversikan kedalam bentuk doc supaya nantinya kalian dapat lebih gampang dalam mengedit ataupun mencetaknya, Berikut File soal UTS Bahasa Indonesia



Soal UTS Bahasa Indonesia ini hanyalah soal prediksi saja yang di rangkum dari soal soal bekas UTS sebelumnya saya minta maaf andai ada soal yang salah dibuka dari isi jawaban dan beda lain.
Demikianlah mengenai Soal UTS Bahasa Indonesia ini semoga dengan adanya soal UTS ini dapat membantu memudahkan pengisian soal soal UTS selanjutnya, Terimakasih Semoga bermanfaat.

Bagian akhir mengenai Soal UTS Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Semester 2 Lengkap Beserta Kunci Jawabannya dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.