Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya | Kelasnesia - Kembali lagi dengan Kelasnesia, Pada artikel kali ini Kelasnesia memberikan sebuah artikel berjudul Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, saya telah mempersiapkan tulisan ini dengan sebaik mungkin hanya untuk anda pengunjung setia Kelasnesia.
Artikel ini merupakan bagian dari kategori 2019, 2019/2020, Aljabar, Artikel, Fungsi, Kelas 11|XI, KTSP, Kunci Jawaban, Kurikulum 2013, Latihan, Pembahasannya, Peminatan IPA, Peminatan IPS, SOAL, Turunan, yang saya tulis semoga hanya menjadi referensi anda. Semoga isi konten dari artikel ini dapat anda pahami. Sekian kata pengantar yang saya lampirkan, silahkan baca artikel secara lengkap pada paragraf berikutnya.

Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya ini merupakan contoh soal terbaru yang akan Blog KelasNesia bagikan. Turunan fungsi aljabar merupakan perluasan materi limit fungsi dan turunan fungsi yang pertama kali diajarkan di kelas 2 SMA atau kelas 3 SMK. Turunan merupakan tingkat perubahan sesaat sebuah fungsi terhadap salah satu variabelnya.

Ulangan Harian Sebagai tolak ukur prestasi siwa dalam pembelajran, adapun tindak lanjut ulangan harian, yang didapatkan dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diubah dan diteliti oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan supaya ketuntasan belajar murid pada masing-masing kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat dibuntuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga pertumbuhan belajar murid dapat segera diketahui sebelum akhir semester.
Dalam rangka mendapat  nilai tiap mata latihan di samping dengan ulangan harian bisa dilengkapi dengan tugas-tugas lain laksana PR, proyek, pemantauan dan produk. Tugas-tugas itu dapat didokumentasikan dalam format portofolio. Ulangan harian ini juga bermanfaat sebagai diagnosis terhadap kendala belajar siswa.

http://kelasnesia.blogspot.com - Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya

Selain turunan fungsi aljabar juga dikenal turunan fungsi trigonometri. Penting sekali menguasai konsep turunan mengingat kegunaan materi ini sangat penting dalam bidang yang lain seperti dalam bidang fisika dan kalkulus diferensial. Sebagai contoh, pada pelajaran Fisika kita belajar tentang mobil yang bergerak dengan percepatan tetap. Nah, untuk menghitung kecepatan mobil tersebut pada detik tertentu, atau kecepatan sesaat mobil pada waktu t, kita bisa menggunakan konsep turunan.

Tingkat perubahan fungsi f(x) untuk setiap nilai x, yaitu turunan f(x), dapat dinyatakan dengan rumus:
http://kelasnesia.blogspot.com -  2 atau
http://kelasnesia.blogspot.com -  1
Selain dengan notasi di atas, fungsi turunan juga dapat dinyatakan dengan y’ atau f’ (x) atau atau . Berikut ini rumus turunan untuk bentuk fungsi aljabar. Rumus ini didapat dari penjabaran rumus turunan di atas.

Jika y = k, maka y’ = 0 
Jika y = x, maka y’ = 1 
Jika , maka
Jika , maka

Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 11 Turunan Fungsi Aljabar

Soal No. 1
Jika , tentukanlah nilai dari .
Jawab:
( dari rumus (3)) ( dibaca: turunan terhadap x)
( dari rumus (4))
( dari rumus (4))
( dari rumus (4))
( dari rumus (4))
( dari rumus (1))
Dengan demikian, .

Soal No. 2
Jika , tentukanlah nilai dari
Jawab:
Misalkan , maka:
( dari rumus (6) dan:
Dengan demikian,

Dapatkan Soal lebih lengkapnya dengan mendownloadnya melaluil link yang sudah saya sediakan dibawah ini.
    Demikianlah Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya, Semoga bermanfaat

    Untuk soal lainnya anda juga bisa baca :

    Bagian akhir mengenai Contoh Soal Matematika Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 dan Pembahasannya dan sebagai penutup saya mohon maaf jika ada bagia-bagian yang tidak anda pahami, karena kesempurnaan hanya milik tuhan, jangan lupa bookmark dan bagikan ke teman-teman anda jika isi dari artikel ini bermanfaat. Terimakasih

    Disclaimer: Isi konten berupa File, Gambar, Video atau point-point di dapat dari berbagai sumber media lain yang beredar di internet. Hak cipta sepenuhnya merupakan hak milik sumber terkait. Situs ini tidak bertangggung jawab atas kerusakan dan ketidakabsahan terkait dari ini konten.